Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (KKNI)

Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (KKNI)

SUMBER PERPRES NO 8 TH 2012 TENTANG KKNI

KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

  • Capaian pembelajaran (Learning Outcomes) adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, ketrampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.
  • Penyetaraan adalah proses penyandingan dan pengintegrasian capaian pembelajaran yang diperoleh melalui pendidikan, pelatihan kerja, dan pengalaman kerja.
  • Kualifikasi adalah penguasaan capaian pembelajaran yang menyatakan kedudukannya dalam KKNI.
  • Pengalaman kerja adalah pengalaman melakukan pekerjaan dalam bidang tertentu dan jangka waktu tertentu secara intensif yang menghasilkan kompetensi.
  • Sertifikat kompetensi kerja adalah bukti tertulis yang diterbitkan oleh lembaga sertifikasi profesi (LSP) terakreditasi yang menerangkan bahwa seseorang telah menguasai kompetensi kerja tertentu sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

JENJANG DAN PENYETARAAN
JENJANG KKNI

  1. KKNI terdiri dari 9 jenjang kualifikasi (jenjang 1 terendah sampai 9 tertinggi)
  2. Jenjang kualifikasi dikelompokan kedalam 3 kelompok jabatan yaitu Operator (CRMA), Teknisi/Analis (CRMO) dan Ahli (CRMP)
  3. Setiap jenjang dideskripsikan dalam 3 paremater yaitu kemampuan di bidang pekerjaan, kemampuan pengetahuan yang harus dimiliki, dan kemampuan manajerial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *